Link Banner
Link Banner

Sunday, July 8, 2018

Model Kemeja Pria Berbahan Kain Linen Variasi Warna

Kebanyakan kemeja dibuat dari kain berbahan katun, Ya pemilihan katun dikarenakan kain katun memiliki serat yang cukup halus, lembut serta nyaman dipakai. Namun selain kain katun ada juga kemeja online yang dijual menggunakan bahan kain linen. Untuk Anda yang belum mengetahui tentang kain linen berikut admin berikan sedikit penjelasan mengenai kain tersebut.

Kain linen adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan alami berupa serat tumbuhan sejenis rami yang dalam bahasa Inggris disebut dengan tanaman flax dan dalam bahasa latin disebut dengan Linum usitatissimum. Sejarah mencatat bahwa bahan linen konon telah ada sejak lebih dari 6000 tahun yang lalu di Mesir. Bahkan pada masa tersebut, linen dijadikan bahan pembalut mummi.

Ciri khas dari kain linen adalah relatif lebih kaku dibandingkan dengan kain katun dengan serat-serat benang yang lebih tebal. Meskipun terlihat kaku, namun saat dipegang akan terasa bahwa kain linen halus, lembut dan sejuk. Semakin sering dipakai, tingkat kelembutan kain linen akan bertambah. Berbeda dengan kain katun yang sedikit elastis, kain linen sama sekali tidak elastis. Selain sebagai bahan pakaian, kain linen juga kerap digunakan sebagai bahan seprai, tirai jendela, taplak dan serbet, handuk bahkan kertas.

Nah berikut beberpa contoh Model Kemeja Pria Berbahan Kain Linen Variasi Warna




Keunggulan kain linen:
  • Ketahanan. Kain linen merupakan salah satu jenis kain yang kuat dan tahan lama. Jika dibandingkan dengan kain katun, kekuatan kain linen dapat mencapai 3 kali lipat.
  • Anti bakteri dan jamur. Secara alami, kain linen memang anti terhadap serangan bakteri dan jamur yang bersifat merusak.
  • Nyaman dan ringan. Anyaman benang pada kain linen memudahkan udara untuk masuk dan keluar sehingga terasa nyaman dan ringan untuk dipakai.
  • Mudah kering. Kain linen cocok dipakai di lingkungan tropis karena efeknya yang menyejukkan dan mudah menyerap keringat. Saat pakaian basah terkena keringat, maka jika terkena angina, kain linen juga akan mudah untuk kering kembali.
  • Ramah lingkungan. Linen sebenarnya ramah lingkungan karena dapat diolah tanpa membutuhkan zat pewarna apapun. Warna asli linen adalah warna-warna alam mulai dari baige hingga abu-abu pudar. Bahan linen yang putih bersih itu adalah hasil proses pemutihan dengan bahan pemutih yang kuat.
  • Lebih jauh lagi, tanaman flax (rami) dapat tumbuhn tanpa perawatan yang berarti termasuk tidak menggunakan pestisida, irigasi khusus dan pengolahannya juga dapat dilakukan dengan sederhana.

Kekurangan kain linen
  • Harus dicuci dengan benar. Pakaian linen sebaiknya di dry clean atau di cuci dengan tangan dengan menggunakan air hangat. Seandainya Anda ingin mencucinya sendiri, pastikan label cara perawatan yang ada pada pakaian mengijinkan Anda untuk mencuci sendiri. Jika hanya tertera harus dengan dry clean, patuhi pentunjuk tersebut atau pakaian Anda akan mengkerut/mengecil dan berkerut.
  • Apabila Anda membeli tekstil linen untuk dibuat pakaian, tanyalah pada penjual tekstil apakan kain tersebut dapat dicuci biasa atau harus dry clean. Jika harus dry clean sebaiknya dipatuhi karena selain kain dapat mengkerut (mengecil) biasanya juga akan berkerut yang sifatnya permanen. Dry clean dapat dilakukan setelah kain menjadi pakaian. Namun jika dikatakan kain dapat dicuci sendiri, sebaiknya rendam kain terlebih dahulu sebelum Anda menjahitnya menjadi pakaian. Karena biasanya pada saat pencucian pertama, kain akan sedikit mengkerut.
Nah itulah contoh model kemeja pria berbahan kain linen dengan variasi warna lengkap dngan keunggulan dan kekurangan kain linen.


No comments:

Post a Comment